Cek Resi JNE E-Connote Online

Cara melakukan cek resi JNE e-connote terbilang mudah dan praktis. Kita cukup menuju website resmi jasa ekspedisi pengiriman JNE. Masukkan nomor resi pada kolom Trace & Tracking lalu klik Search. Hasil akan langsung terlihat dan kita bisa melihat posisi dari barang yang dibeli secara online. Selain melalui website resmi JNE, kita juga bisa melakukan pengecekan melalui situs http://www.resi.co.id/. Caranya kurang lebih sama, yaitu masukkan nomor resi di kolom yang tersedia lalu klik Search. Dalam waktu singkat, nomor resi yang dimasukkan akan langsung terlacak oleh sistem. Kita akan segera mengetahui di mana posisi barang yang dibeli.

 

Nomor resi menjadi bagian penting dari belanja online. Nomor ini harus diberikan penjual pada pembeli setelah barang dikirim. Apabila penjual tidak memberikannya, maka pembeli wajib memintanya. Ini karena nomor resi menjadi bukti bahwa barang yang dibeli telah dikirim serta akan berperan dalam pelacakan posisi barang yang dibeli. Pembeli bisa tahu apakah barang yang dibelinya sudah sampai di kantor JNE Pusat, masih dalam perjalanan atau akan segera sampai di rumahnya. Resi sendiri akan diberikan oleh petugas JNE saat penjual sudah mengirim barang dan membayar biaya kirim dari barang tersebut. Resi akan dibuat dua rangkap, satu untuk penjual dan satu ditempel pada paket untuk pembeli.

 

Mengingat pentingnya peran resi ini, maka penjual sebaiknya tidak menghilangkan resi yang didapatnya setelah melakukan pengiriman barang. Setidaknya, tidak sampai penjual menginformasikan nomor resi tersebut pada pihak pembeli. Jika penjual menggunakan marketplace sebagai tempat berjualan, maka nomor resi JNE biasanya harus diinput ke dalam sistem setelah proses pengiriman sehingga penjual tidak perlu lagi memberikan nomor resi tersebut pada pembeli secara langsung. Penting juga untuk memastikan nomor resi yang dimasukkan saat pelacakan sudah benar agar hasilnya keluar. Cara pengecekan umumnya adalah sama untuk tiap ekspedisi pengiriman yang digunakan. Yang berbeda hanyalah alamat website masing-masing jasa ekspedisi pengiriman. Namun untuk langkah-langkah pengecekannya sama saja.